Powered By Blogger

Rabu, 07 Maret 2012

Sekilas tentang WJP XXI 2012



Wahana Jumpa Prestasi pertama kali diadakan pada tahun 1991, pada saat itu yang dilombakan hanya Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan untuk tingkat Wira (SMA). Namun, dengan perkembangan yang cukup pesat, kini WJP terdiri dari beberapa lomba untuk tingkat Wira (SMA) dan Madya (SMP). WJP XXI yang didadakan pada tahun lalu diikuti oleh 50 SMP dan SMA di Jawa Timur dan tidak kurang dari 1000 orang yang berpatisipasi dalam lomba ini.
Kegiatan lomba kepalangmerahan “Wahana Jumpa Prestasi” ini merupakan kelanjutan peningkatan dan pengembangan untuk memacu prestasi serta ketrampilan dalam bidang kepalangmerahan.
Adapun pengetahuan yang akan dilombakan dalam Lomba Wahana Jumpa Prestasi adalah sebagai berikut :

1.      Dasar-dasar PP (Pertolongan Pertama)
2.      Gangguan umum
3.      Kedaruratan medis
4.      Luka-luka dan patah tulang anggota  gerak
5.      Membuat tandu darurat
6.      Pembalutan dan pembidaian
7.      Penanggulangan Bencana
8.      Pengangkutan korban dengan tandu
9.      Perawatan Keluarga
10.    PRS (Penyuluhan Remaja Sebaya)
11.    Sejarah Palang Merah
12.    Dapur Umum

Selanjutnya lomba WJP terbagi menjadi enam perlombaan, yaitu:

A.    Lomba PP (Pertolongan Pertama) tingkat Madya & Wira
Lomba PP adalah lomba yang pesertanya terdiri dari anggota PMR yang berasal dari tiap sekolah baik tingkat  Madya (SMP) ataupun Wira (SMA).
Lomba ini merupakan kegiatan  yang ditekankan pada langkah-langkah bagaimana cara seseorang anggota PMR melakukan pertolongan sesuai keadaan lapangan, dalam hal ini penolong harus dapat mengetahui kondisi korban dengan cara menganalisa atau memeriksa korban kemudian diberikan pertolongan pertama sebelum akhirnya korban dibawa ke rumah sakit.

A.    Lomba CC (Cerdas Cermat) tingkat Madya & Wira


Lomba Cerdas Cermat adalah lomba yang pesertanya terdiri dari anggota PMR yang berasal dari perwakilan tiap sekolah baik  tingkat Madya (SMP) ataupun Wira (SMA) dan tidak mengikuti lomba PP.
Tak hanya berisikan materi – materi kepalangmerahan, lomba ini juga menuntut anggota PMR untuk menentukan strategi yang tepat dalam menjawab soal, serta memiliki ketrampilan dalam melakukan praktek – praktek kepalangmerahan.
Lomba ini memperebutkan Juara I, II, III.

B.     Lomba Perawatan Keluarga (PK) tingkat Madya & Wira
Lomba Perawatan Keluarga (PK) adalah lomba yang pesertanya terdiri dari anggota PMR yang berasal dari perwakilan tiap sekolah baik  tingkat Madya (SMP) ataupun Wira (SMA) dan tidak mengikuti lomba PP dan CC. Lomba mengujikan materi tentang merawat orang sakit dalam bentuk teori maupun praktek.
Lomba ini memperebutkan Juara I, II, III.

C.    Lomba Penyuluhan Remaja Sebaya (PRS) tingkat Wira
Lomba Penyuluhan Remaja Sebaya (PRS) adalah lomba yang pesertanya terdiri dari anggota PMR yang berasal dari perwakilan tiap sekolah tingkat Wira (SMA) dan tidak mengikuti lomba PP, CC dan PK. Peserta akan menampilkan karya yang berhubungan tentang permasalahan yang sedang dihadapi remaja saat ini dalam menghadapi era globalisasi.
Lomba ini memperebutkan Juara I, II, III.

D.    Lomba Fun Game (FG) tingkat Madya
Lomba Fun Game (FG) adalah lomba yang pesertanya terdiri dari anggota PMR yang berasal dari perwakilan tiap sekolah tingkat Madya (SMP) dan tidak mengikuti lomba PP, CC, PK dan PRS. Lomba ini mengujikan tentang sejarah PMR dan pengetahuan kepalangmerahan, Lomba ini sejenis dengan traveling.
Lomba ini memperebutkan Juara I, II, III.

E.     Lomba Apresiasi Seni (AP) tingkat Madya & Wira
Lomba Apresiasi Seni (AP) adalah lomba yang pesertanya terdiri dari anggota PMR yang berasal dari perwakilan tiap sekolah baik tingkat Madya (PMR) ataupun Wira (SMA). Lomba ini berupa pertunjukan (apresiasi) seni dan hanya sebagai hiburan.

Nah, itulah sekilas tentang WJP XXI. Untuk lebih lengkapnya silakan daftarkan diri kalian di WJP tahun ini. See you at WJP XXI !!
Salam SIAMO TUTTI FRATELLI :) ..

3 komentar:

  1. YANG LOMBA ARTIKEL TEKNISNYA GIMANA?

    BalasHapus
  2. teknisnya akan segera kami posting di blog :)

    BalasHapus
  3. SEGERA DONK JUKNISX, QT MW LATIAN GIMANA LOK JUKNISX GAK ADA..
    KALO NUNGGU TM SIH GAK MASALAH BAGI YG DALAM KOTA YG SUDAH TW WJP ITU BAGAIMANA, NAH BUAT KAMI YG DILUAR KOTA YG BELUM TW WJP ITUW SANGAT MEMBUTUHKAN JUKNIS.. TOLONG LAH SEGERA DIPOSTING JUKNIS..
    TRIM'S.

    BalasHapus