Powered By Blogger

Senin, 12 Maret 2012

PETUNJUK PELAKSANAAN WJP XXI 2012

I.        LATAR BELAKANG
Wahana Jumpa Prestasi pertama kali diadakan pada tahun 1991, pada saat itu yang dilombakan hanya Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan untuk tingkat WIRA dengan perkembangan yang cukup pesat sehingga WJP XXI sekarang terdiri dari berbagai lomba untuk tingkat MADYA-WIRA.
Kegiatan lomba kepalangmerahan Wahana Jumpa Prestasi XXI 2012 JATIM TERBUKA antar PMR tingkat MADYA–WIRA bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan lomba tersebut sebagai tempat memacu prestasi dan menumbuhkan mental serta ketrampilan dalam bidang kepalangmerahan.
WJP XXI 2012 JATIM TERBUKA ini, dapat diikuti oleh semua PMR MADYA-WIRA di wilayah Jawa Timur maupun luar Jawa Timur.

II.         MAKSUD DAN TUJUAN
Ø Meningkatkan peran pelajar sebagai generasi muda dalam kegiatan kemanusiaan sesuai dengan kehidupan dilingkungan sekolah.
Ø Sebagai sarana untuk mewujudkan Sapta Prinsip Palang Merah dan Tri Bhakti Palang Merah Remaja.
Ø Menjalin kerjasama dan mempererat tali persaudaraan di antara umat manusia pada umumnya dan PMR pada khususnya.

III.       NAMA KEGIATAN DAN PELAKSANAAN
a.       Nama Kegiatan            :
“WAHANA JUMPA PRESTASI (WJP) XXI 2012 JATIM  TERBUKA”

b.      Pelaksanaan Technical Meeting :
Tanggal : 22 April 2012
Tempat : Kampus SMK Negeri 5 Surabaya
Jl. Mayjend. Prof. Dr. Moestopo 167-   169 Surabaya.
Waktu   : 10.00 - 15.00 WIB
c.       Pelaksanaan Kegiatan:
Tanggal            : 12 - 13 Mei 2012
Tempat : Kampus SMK Negeri 5 Surabaya
Jl. Mayjend. Prof. Dr. Moestopo 167-   169 Surabaya.
Waktu : 10.00 (Sabtu) WIB – 16.00 (Minggu) WIB
IV.      PESERTA
Ø Peserta adalah perwakilan anggota PMR MADYA dan WIRA yang telah terdaftar secara sah oleh panitia serta telah memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan panitia.
Ø Persyaratan peserta adalah :
a.  Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran.
b. Membayar biaya pendaftaran.
c.  Menyerahkan :
-     Pas foto terbaru ukuran 3X4 (4 lembar)
(Foto formal, bukan foto bermodel).
-     Fotocopy kartu anggota / surat keterangan dari PMI cabang dimana peserta tergabung.
-     Surat keterangan dari Kepala Sekolah sebagai tanda bukti ijin mengikuti kegiatan.
d. Memenuhi syarat anggota yaitu :
-     Berusia antara 10 - 20 tahun.
-     Sehat dan mampu melaksanakan lomba (Tidak disarankan untuk mengikutsertakan peserta yang sakit ).
Ø Apabila suatu regu mengikutsertakan peserta dari luar atau tidak memenuhi persyaratan diatas maka regu tersebut akan didiskualifikasi.
Ø Jika melakukan penggantian peserta selambat-lambatnya dilakukan pada saat daftar ulang.
Ø Jika peserta yang telah terdaftar pada saat daftar ulang berhalangan hadir tolong laporkan kepada panitia.
Ø Jumlah Peserta :
a.  Tingkat WIRA (SMA, SMK dan MA)
-     1 regu PP              : 6 org (Pa/Pi)  
-     1 regu PK              : 2 org (Pa/Pi)
-     1 regu KUIS          : 2 org (Pa/Pi/PaPi)
-     1 regu PRS                        : 2 org (Pa/Pi/PaPi)
-     1 regu Apsen        : max.7 (Pa/Pi/PaPi)
-     Lomba Artikel      : 1 Kontingen
b.  Tingkat MADYA (SMP dan MTS)
-     1 regu PP              : 6 org (Pa/Pi)
-     1 regu PK              : 2 org (Pa/Pi)
-     1 regu CT              : 2 org (Pa/Pi/PaPi)
-     1 regu FG              : 6 org (Pa/Pi/PaPi)
-     1 regu Apsen        : max.7 (Pa/Pi/PaPi)
-     Lomba Artikel      : 1 Kontingen
Nb : Fun game dan Apresiasi seni merupakan lomba yang tidak menentukan juara umum. Apsen (Apresiasi seni) tidak wajib di ikuti oleh setiap kontingen dari masing-masing sekolah, namun tetap ditentukan pemenangnya juara 1, 2, dan 3 untuk MADYA dan WIRA.

Ø Ketentuan Peserta Lomba :
a.  Semua lomba dibatasi max satu regu kecuali PP max dua regu (PP pa dan pi @ satu regu untuk tiap sekolah).
b.  Khusus PP peserta diwajibkan membawa peralatan sendiri.
c.  Setiap peserta wajib memakai seragam dengan tanda atau atribut PMR/PMI.
d.  Seluruh keperluan peserta (konsumsi, pakaian, transportasi, dll) ditanggung sendiri.
e.  Peserta dari luar maupun dalam kota wajib membawa tenda untuk keperluan menginap.
f.   Peserta wajib berada di kampus SMK Negeri 5 selama kegiatan berlangsung dan tidak diperkenankan pulang (bagi peserta dari dalam kota).
g.  Peserta yang belum diberangkatkan wajib berada di pos karantina yang telah di sediakan oleh panitia.
h.  Peserta wajib menjunjung tinggi nilai-nilai kepalangmerahan, kemanusiaan,
persaudaraan, serta sportifitas baik sesama peserta maupun  masyarakat sekitar.
i.    Untuk menjaga ketertiban WJP XXI 2012 area peristirahatan (basecamp) ditentukan oleh panitia dan peserta dilarang mendirikan basecamp di luar area yang di tentukan.
j.    Peserta wajib menyerahkan persyaratan pendaftaran paling lambat tanggal 29 April 2012.

    V.       PENDAFTARAN
Ø Pendaftaran adalah sah apabila formulir pendaftaran dengan segala kelengkapan dan persyaratan lomba diterima oleh panitia.
Ø  Peserta yang belum melunasi biaya pendaftaran dianggap sebagai peserta cadangan.
Ø Kelengkapan pendaftaran lomba sesuai dengan persyaratan peserta lomba.
Ø Untuk peserta WIRA dimasukkan kedalam map berwarna KUNING sedangkan MADYA berwarna BIRU.
Ø Biaya pendaftaran WJP :
a.               Tingkat WIRA
-     Paket I    : Rp 240.000,-
(2PP, 1PK, 1KUIS, 1PRS, 1APSEN, Lomba Artikel )
-     Paket II   : Rp. 200.000,-
(1PP, 1PK, 1KUIS, 1PRS, 1APSEN, Lomba Artikel)
b.          Tingkat MADYA
-  Paket I : Rp 220.000,-
(2PP, 1PK, 1CT, 1FUN GAME,
1APSEN, Lomba Artikel)
-  Paket II : Rp 180.000,-
(1PP, 1PK, 1CT, 1 FUN GAME, 1APSEN, Lomba Artikel)
Ø Pendaftaran dibuka dan tutup sesuai jadwal atau kuota telah terpenuhi
Ø  Pendaftaran dapat diserahkan secara langsung, via pos, fax SMK Negeri 5 SBY ((031)593488) dan telepon (Tidak menerima pendaftaran via SMS). Untuk pengiriman persyaratan pendaftaran via fax harap menghubungi panitia.
Ø Contact Person :
-     Anggia  : 08993767615 / 085748274634 (Teknis/acara)
-     Ananta : 087854613258 / 089677971581 (Teknis/acara)
-     Ririn      : 08993957180 / 03192685051 (pendaftaran)
Ø Pendaftaran ditutup pada saat TM.
Ø Biaya pendaftaran dapat dikirim melalui rekening :
-          BTN : 00065-01-51-001782-6 (an. Rina Rachmawati)
Ø Pendaftaran di tutup jika peserta MADYA  memenuhi kuota sebagai berikut :
a.   PP (pa/pi)    = 50 Regu (@ 25 PP pa & pi)
b.   PK                 = 40 Regu
c.   CT                 = Unlimited
d.   FG                 = 40 Regu
e.   APSEN         = 30 Regu
f.    Lomba Artikel =Total sekolah yang mengikuti WJP.
Ø Pendaftaran di tutup jika peserta WIRA memenuhi kuota sebagai berikut :
g.   PP (pa/pi)    = 50 Regu (@ 25 PP pa & pi)
h.   PK                 = 40 Regu
i.    PRS               = 40 Regu
j.    KUIS            = Unlimited
k.   APSEN         = 30 Regu
l.    Lomba Artikel =Total sekolah yang mengikuti WJP.
Ø Untuk apresiasi seni, 30 regu ialah akumulasi dari jumlah tim MADYA dan WIRA.
Ø Untuk lomba artikel wajib diikuti oleh masing-masing sekolah, karena akan mendapatkan juara kontingen favorit.

  VI.       PENENTUAN PEMENANG
Ø Sistem penilaian yang digunakan :
a.  Batas penilaian tiap pos ditetapkan sesuai ketentuan
b.  Penilaian lomba secara umum berdasarkan atas :
-     Keterampilan dan bentuk kerjasama yang terlihat sewaktu pelaksanaan lomba.
-     Orientasi pelaksanaan lomba dengan cepat, tepat dan tertib.
-     Keunggulan tiap peserta dalam melaksanakan lomba.
-     Waktu yang dilaksanakan pada saat lomba.
Ø Yang berhak dinyatakan pemenang adalah :
a.  Juara atau pemenang dari perlombaan ditentukan dalam teknis lomba
b. Pemenang ditetapkan oleh dewan juri dan diumumkan oleh panitia pada upacara penutupan WJP XXI 2012. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan mengikat serta tidak dapat diganggu gugat.
Ø Pemenang dinyatakan gugur apabila :
a.  Menyertakan siswa sekolah lain dalam regu (bukan siswa sekolah bersangkutan).
b.  Ditemukan adanya kesalahan penghitungan nilai.
c.  Ditemukan adanya kesalahan nomor dada regu.

VII.       PENGHARGAAN
Ø Setiap peserta lomba mendapatkan piagam penghargaan.
Ø Klasifikasi penghargaan adalah sbb :
a.  Juara I, II, III, harapan I dan II untuk lomba PP dan juara I, II, dan III untuk lomba PK, CT, KUIS, PRS, Fun Game, dan Apresiasi seni akan mendapatkan trophy.
b.  Juara umum dan juara 1 Khusus untuk lomba PP, PK, KUIS, CT dan PRS akan mendapatkan dana pembinaan.
c.  Juara lomba artikel akan dinobatkan sebagai kontingen favorit untuk MADYA dan WIRA.
d.  Total dana pembinaan yang akan diberikan pada pemenang ialah minimal sebesar 30% dari dana pendaftaran.
e.  Juara umum berhak mendapatkan trophy tetap (sebagai simbolik) dan trophy bergilir dari gubernur.
f.   Trophy bergilir tidak dapat menjadi trophy tetap meskipun peserta menjadi pemenang berkali-kali.

VIII.       KETENTUAN TEKNIS LOMBA
Ø Teknis perlombaan ditentukan oleh panitia sesuai dengan petunjuk teknis dan buku pedoman kepalangmerahan yang referensinya dapat di lihat di petunjuk teknis WJP XXI 2012 .
Ø Info lebih lanjut mengenai teknis perlombaan dan pelaksanaan dapat melalui contact person dan blog.

  IX.       PROTES
Ø Pengajuan protes hanya menyangkut persyaratan dan status peserta.
Ø Segala protes yang menyangkut teknis lomba dilakukan pada tiap-tiap pos lomba masing-masing oleh ketua regu.


     X.       DISPENSASI LOMBA
Ø Dispensasi diajukan secara tertulis oleh official dengan seijin juri dan panitia.
Ø Dispensasi tim hanya dibenarkan dengan komponen tim.
Ø Panitia berhak menolak dan menyetujui dispensasi yang diajukan.
Ø Hal-hal lain diatur kemudian oleh panitia.

 XI.       GANGGUAN PERLOMBAAN
Ø Yang dimaksud gangguan perlombaan adalah halangan diluar kekuasaan panitia yang memungkinkan perlombaan tidak dapat berlangsung / dilaksanakan / dilanjutkan baik bersifat sementara dan tetap.
Ø Apabila gangguan besifat sementara (hujan, dll) terjadi pada saat perlombaan berlangsung maka panitia akan menentukan bahwa perlombaan akan dilanjutkan atau tidak setelah pertimbangan dan menunggu gangguan tersebut selama 30 menit.
Ø Apabila gangguan bersifat tetap (bencana alam, dll) sebelum perlombaan berlangsung maka pelaksanaan perlombaan dibatalkan dan uang pendaftaran dikembalikan setelah dipotong 40% untuk biaya administrasi.
Ø Bila gangguan bersifat tetap terjadi pada saat perlombaan berlangsung, maka pelaksanaan lomba dibatalkan dan uang pendaftaran tidak dikembalikan.
Ø Apabila peserta mengundurkan diri sebelum pendaftaran ditutup dan telah membayar biaya pendaftaran maka biaya pendaftaran akan dikembalikan sebesar 50%.
Ø Apabila peserta mengundurkan diri sesudah pendaftaran ditutup dan telah membayar biaya pendaftaran maka biaya pendaftaran akan dikembalikan sebesar 25%.

XII.       DISKUALIFIKASI
Ø Peserta / Pembina / Pelatih yang tidak mentaati atau melanggar ketentuan lomba.
Ø Peserta yang bekerjasama dengan pihak ketiga atau selain anggota regu dalam pelaksanaan lomba.
ØPeserta yang berkomunikasi dengan Pembina / Pelatih / official pada saat lomba berlangsung.
Ø Peserta yang bertindak merugikan panitia sebelum, selama, dan sesudah perlombaan secara langsung.
ØPeserta yang membuat kekacauan, provokasi. Anarkis, membawa senjata api / tajam (kecuali alat yang dibutuhkan dalam perlombaan), mirasantika, dll.

XIII.       TATA TERTIB PERLOMBAAN
Ø Perlombaan dimulai pada tanggal 12 - 13 Mei 2012.
Ø 15 menit sebelum pelaksanaan lomba, ketua regu diharuskan melapor pada panitia.
Ø Pemberangkatan peserta dilakukan dengan cara panggilan sesuai dengan urutan daftar ulang.
Ø Regu yang berlomba dilarang keluar dari pos karantina kecuali mendapat ijin dari panitia.
Ø Peserta dilarang membawa perlengkapan yang tidak berkaitan dengan keperluan lomba.
Ø Pelanggaran-pelanggaran atau kecurangan yang dilakukan selama perlombaan dikenakan sanksi diskualifikasi.

XIV.       KETENTUAN UMUM
Ø Dengan mendaftar diri, peserta dianggap tunduk dan mengerti aturan.
Ø Peserta bertanggung jawab sendiri atas yang di alami selama mengikuti lomba termasuk semua akibat dengan semua pihak ketiga.
Ø Panitia berhak menghentikan regu yang sedang berlomba, apabila regu tersebut membahayakan atau merugikan baik bagi regu sendiri maupun regu lain.
Ø Peserta, oficial, tim, suporter harus menjaga kebersihan dan tidak merusak area lomba (menunjukan kartu identitas yang disediakan oleh panitia jika memasuki area lomba).
Ø Peserta berada di tempat pelaksanaan lomba dan tidak membuat keramaian dan kegaduhan yang mengganggu peserta lain.
Ø Pembina / pelatih dilarang berada di pos karantina atau area perlombaan yang bersifat tertutup tanpa seijin panitia selama perlombaan berlangsung.
Ø Technical Meeting Peserta mengenai lomba akan diselenggarakan pada 22 April 2012 pukul 10.00 WIB – 15.00 WIB di Kampus SMK Negeri 5 Surabaya (STM Pembangunan) dengan perwakilan maksimal 2 orang.
Ø Untuk mendapatkan nomor dada akan dilakukan undian pada saat pendaftaran.
Ø Peserta diwajibkan mengikuti upacara pembukaan dan penutupan WJP XXI 2012.

XV.       PERATURAN PENGGANTI ATAU TAMBAHAN
Ø Panitia berhak mengganti peraturan ini bila dalam keadaan memaksa atau di anggap perlu.
Ø Hal-hal yang tidak atau belum di atur dalam peraturan perlombaan akan ditentukan kemudian secara khusus oleh panitia.
Ø Keputusan-keputusan / peraturan-peraturan tentang tambahan dan perubahan akan diadakan secara sirkuler oleh panitia.

XVI.        FASILITAS PESERTA
Ø Basecamp (berlokasi di lapangan sepak bola SMK Negeri 5 Surabaya)
Ø Sertifikat & ID Card
Ø Fasilitas toilet
Ø Penerangan

Ditetapkan di Surabaya
Tanggal 12 Maret 2012



Panitia lomba kepalangmerahan
 Wahana Jumpa Prestasi XXI 2012
PMR SMK Negeri 5 Surabaya


No
Kegiatan
Tanggal
Waktu
Tempat
1
Pendaftaran dibuka
19 Maret 2012
08.00 – 16.00 WIB
SMK N 5 Sby
2
Pendaftaran ditutup
22 April 2012
15.00 WIB
SMK N 5 Sby
3
Blog mengenai info WJP
12 Maret 2012
-
*
4
Technical Meeting
22 April 2012
10.00 – 15.00 WIB
SMK N 5 Sby
5
Upacara Pembukaan
12 Mei 2012
10.00 – 11.00 WIB
SMK N 5 Sby
6
Daftar Ulang
12 Mei 2012
07.00 – 11.00 WIB
SMK N 5 Sby
7
Perlombaan
12 Mei 2012
13.00 – 23.00 WIB
SMK N 5 Sby
13 Mei 2012
07.00 – 16.00 WIB
SMK N 5 Sby
Nb : * dapat dilihat di wjpstemba.blogspot.com
Peserta disarankan untuk selalu mengupdate info terbaru mengenai WJP di blog tersebut.

8 komentar:

  1. aris jawara glenmore18 April 2012 pukul 22.16

    mana formulir pendaftarannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Formulir pendaftaran telah kami jadikan satu dengan undangan lomba.
      apa belum menerima undangan??

      Hapus
  2. Lutfi PMR Wira Smanmore18 April 2012 pukul 22.18

    gimana cara daftarnya ?
    sisa kuota tinggal berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persyaratan dan ketentuan pendaftaran ada di dalam juklak (petunjuk pelaksanaan) yang telah kami satukan di dalam undangan.
      untuk kuota masih banyak,.

      Hapus
  3. gan pendaftarannya gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. begini, kita telah menyebar undangan lomba, dan di dalam undangan terdapat persyaratan dan ketentuan untuk pendaftaran..

      Hapus
  4. hasil technical meeting nya gimana ?


    kemaren kami gak bisa ikut karena kami dari kota yang jauh

    BalasHapus