I.
LATAR
BELAKANG
Wahana
Jumpa Prestasi pertama kali diadakan pada tahun 1991, pada saat itu yang
dilombakan hanya Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan untuk tingkat WIRA dengan
perkembangan yang cukup pesat sehingga WJP XXI sekarang terdiri dari berbagai
lomba untuk tingkat MADYA-WIRA.
Kegiatan
lomba kepalangmerahan Wahana Jumpa Prestasi XXI 2012 JATIM TERBUKA antar PMR
tingkat MADYA–WIRA bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan lomba
tersebut sebagai tempat memacu prestasi dan menumbuhkan mental serta ketrampilan
dalam bidang kepalangmerahan.
WJP XXI 2012 JATIM TERBUKA ini, dapat diikuti oleh
semua PMR MADYA-WIRA di wilayah Jawa Timur maupun luar Jawa Timur.
II.
MAKSUD DAN TUJUAN
Ø
Meningkatkan
peran pelajar sebagai generasi muda dalam kegiatan kemanusiaan sesuai dengan
kehidupan dilingkungan sekolah.
Ø
Sebagai
sarana untuk mewujudkan Sapta Prinsip Palang Merah dan Tri Bhakti Palang Merah
Remaja.
Ø
Menjalin
kerjasama
dan mempererat tali persaudaraan di antara umat manusia pada umumnya dan PMR
pada khususnya.
III.
NAMA
KEGIATAN DAN PELAKSANAAN
a.
Nama
Kegiatan :
“WAHANA JUMPA PRESTASI (WJP) XXI 2012 JATIM TERBUKA”
b.
Pelaksanaan
Technical Meeting :
Tanggal : 22 April 2012
Tempat : Kampus SMK Negeri 5 Surabaya
Jl. Mayjend. Prof. Dr. Moestopo
167- 169 Surabaya.
Waktu : 10.00 - 15.00 WIB
c.
Pelaksanaan
Kegiatan:
Tanggal : 12 - 13
Mei 2012
Tempat : Kampus SMK Negeri 5 Surabaya
Jl. Mayjend. Prof. Dr. Moestopo
167- 169 Surabaya.
Waktu :
10.00 (Sabtu) WIB – 16.00 (Minggu) WIB
IV.
PESERTA
Ø
Peserta
adalah perwakilan anggota PMR MADYA dan WIRA yang telah terdaftar secara sah
oleh panitia serta telah memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan
panitia.
Ø
Persyaratan
peserta adalah :
a. Mengisi dan menyerahkan formulir
pendaftaran.
b. Membayar biaya pendaftaran.
c. Menyerahkan :
-
Pas
foto terbaru ukuran 3X4 (4 lembar)
(Foto
formal, bukan foto bermodel).
-
Fotocopy
kartu anggota / surat keterangan dari PMI cabang dimana peserta tergabung.
-
Surat
keterangan dari Kepala Sekolah sebagai tanda bukti ijin mengikuti kegiatan.
d. Memenuhi syarat anggota yaitu :
-
Berusia
antara 10 - 20 tahun.
-
Sehat
dan mampu melaksanakan lomba (Tidak
disarankan untuk mengikutsertakan peserta yang sakit ).
Ø
Apabila
suatu regu mengikutsertakan peserta dari luar atau tidak memenuhi persyaratan
diatas maka regu tersebut akan didiskualifikasi.
Ø
Jika melakukan penggantian peserta selambat-lambatnya
dilakukan pada saat daftar ulang.
Ø
Jika peserta yang telah terdaftar pada saat daftar
ulang berhalangan hadir tolong laporkan kepada panitia.
Ø
Jumlah
Peserta :
a. Tingkat WIRA (SMA, SMK dan MA)
-
1
regu PP : 6 org (Pa/Pi)
-
1
regu PK :
2 org (Pa/Pi)
- 1 regu KUIS : 2
org (Pa/Pi/PaPi)
-
1
regu PRS : 2 org (Pa/Pi/PaPi)
-
1
regu Apsen : max.7 (Pa/Pi/PaPi)
-
Lomba Artikel : 1 Kontingen
b. Tingkat MADYA (SMP dan MTS)
-
1
regu PP :
6 org (Pa/Pi)
-
1
regu PK :
2 org (Pa/Pi)
-
1
regu CT :
2 org (Pa/Pi/PaPi)
-
1
regu FG :
6 org (Pa/Pi/PaPi)
-
1
regu Apsen : max.7 (Pa/Pi/PaPi)
-
Lomba Artikel :
1 Kontingen
Nb : Fun game dan Apresiasi seni merupakan
lomba yang tidak menentukan juara umum. Apsen
(Apresiasi seni)
tidak wajib di ikuti oleh setiap kontingen dari masing-masing sekolah, namun
tetap ditentukan pemenangnya juara 1, 2, dan 3 untuk MADYA dan WIRA.
Ø
Ketentuan
Peserta Lomba :
a. Semua lomba dibatasi max satu
regu kecuali PP max dua regu (PP pa dan pi @ satu regu untuk tiap sekolah).
b. Khusus PP peserta diwajibkan
membawa peralatan sendiri.
c. Setiap peserta wajib memakai
seragam dengan tanda atau atribut PMR/PMI.
d. Seluruh keperluan peserta (konsumsi,
pakaian, transportasi, dll) ditanggung sendiri.
e. Peserta
dari luar maupun
dalam
kota wajib membawa
tenda untuk keperluan menginap.
f.
Peserta
wajib berada di kampus SMK Negeri 5 selama kegiatan berlangsung
dan tidak diperkenankan pulang (bagi peserta dari dalam kota).
g. Peserta yang belum diberangkatkan
wajib berada di pos karantina yang telah di sediakan oleh panitia.
h. Peserta wajib menjunjung tinggi
nilai-nilai kepalangmerahan, kemanusiaan,
persaudaraan,
serta sportifitas baik sesama peserta maupun
masyarakat
sekitar.
i.
Untuk
menjaga ketertiban WJP XXI
2012
area peristirahatan (basecamp) ditentukan oleh panitia dan
peserta dilarang mendirikan basecamp di luar area yang di tentukan.
j.
Peserta
wajib menyerahkan persyaratan pendaftaran paling lambat tanggal 29 April 2012.
V.
PENDAFTARAN
Ø
Pendaftaran
adalah sah apabila formulir pendaftaran dengan segala kelengkapan dan
persyaratan lomba diterima oleh panitia.
Ø Peserta yang belum melunasi biaya pendaftaran dianggap sebagai peserta cadangan.
Ø Peserta yang belum melunasi biaya pendaftaran dianggap sebagai peserta cadangan.
Ø
Kelengkapan
pendaftaran lomba sesuai dengan persyaratan peserta lomba.
Ø
Untuk
peserta WIRA dimasukkan kedalam map berwarna KUNING sedangkan MADYA berwarna BIRU.
Ø
Biaya
pendaftaran WJP :
a.
Tingkat WIRA
-
Paket
I : Rp 240.000,-
(2PP,
1PK, 1KUIS, 1PRS, 1APSEN,
Lomba
Artikel )
-
Paket
II : Rp. 200.000,-
(1PP,
1PK, 1KUIS, 1PRS, 1APSEN, Lomba
Artikel)
b.
Tingkat MADYA
- Paket I : Rp 220.000,-
(2PP,
1PK, 1CT, 1FUN GAME,
1APSEN,
Lomba
Artikel)
- Paket II : Rp 180.000,-
(1PP,
1PK, 1CT, 1 FUN GAME, 1APSEN, Lomba
Artikel)
Ø
Pendaftaran
dibuka dan
tutup sesuai jadwal atau kuota telah terpenuhi
Ø
Pendaftaran dapat diserahkan secara langsung,
via pos, fax SMK Negeri 5 SBY ((031)593488) dan telepon (Tidak menerima pendaftaran via SMS). Untuk pengiriman
persyaratan pendaftaran
via fax harap menghubungi panitia.
Ø
Contact
Person :
- Anggia :
08993767615 / 085748274634 (Teknis/acara)
- Ananta
: 087854613258 /
089677971581 (Teknis/acara)
- Ririn :
08993957180 / 03192685051 (pendaftaran)
Ø
Pendaftaran
ditutup pada saat TM.
Ø
Biaya
pendaftaran dapat dikirim melalui rekening :
-
BTN
: 00065-01-51-001782-6 (an. Rina Rachmawati)
Ø
Pendaftaran
di tutup jika peserta MADYA memenuhi
kuota sebagai berikut :
a.
PP (pa/pi) =
50 Regu (@ 25 PP pa & pi)
b.
PK = 40 Regu
c.
CT = Unlimited
d.
FG = 40 Regu
e.
APSEN =
30 Regu
f.
Lomba Artikel =Total sekolah yang mengikuti WJP.
Ø
Pendaftaran
di tutup jika peserta WIRA memenuhi kuota sebagai berikut :
g.
PP (pa/pi) =
50 Regu (@ 25 PP pa & pi)
h.
PK = 40 Regu
i.
PRS =
40 Regu
j.
KUIS =
Unlimited
k.
APSEN =
30 Regu
l.
Lomba Artikel =Total sekolah yang mengikuti WJP.
Ø
Untuk
apresiasi seni, 30 regu ialah akumulasi dari jumlah tim MADYA dan WIRA.
Ø
Untuk lomba
artikel wajib diikuti oleh masing-masing sekolah, karena akan mendapatkan juara
kontingen favorit.
VI.
PENENTUAN
PEMENANG
Ø
Sistem
penilaian yang digunakan :
a. Batas penilaian tiap pos
ditetapkan sesuai ketentuan
b. Penilaian lomba secara umum
berdasarkan atas :
-
Keterampilan dan bentuk kerjasama
yang terlihat sewaktu pelaksanaan lomba.
-
Orientasi
pelaksanaan lomba dengan cepat, tepat dan tertib.
-
Keunggulan
tiap peserta dalam melaksanakan lomba.
-
Waktu
yang dilaksanakan pada saat lomba.
Ø
Yang
berhak dinyatakan pemenang adalah :
a. Juara atau pemenang dari
perlombaan ditentukan dalam teknis lomba
b. Pemenang ditetapkan oleh
dewan juri dan diumumkan oleh panitia pada
upacara penutupan WJP XXI 2012. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan
mengikat serta tidak dapat diganggu gugat.
Ø
Pemenang dinyatakan gugur apabila :
a. Menyertakan siswa sekolah lain
dalam regu (bukan siswa sekolah bersangkutan).
b. Ditemukan adanya kesalahan
penghitungan nilai.
c. Ditemukan adanya kesalahan nomor
dada regu.
VII.
PENGHARGAAN
Ø
Setiap
peserta lomba mendapatkan piagam penghargaan.
Ø
Klasifikasi
penghargaan adalah sbb :
a. Juara I, II, III,
harapan I dan II untuk lomba PP dan juara I, II, dan III untuk
lomba PK, CT, KUIS, PRS, Fun Game, dan Apresiasi seni akan mendapatkan trophy.
b. Juara umum dan juara 1 Khusus
untuk lomba PP, PK, KUIS, CT dan PRS akan mendapatkan dana pembinaan.
c. Juara lomba artikel akan
dinobatkan sebagai kontingen favorit untuk MADYA dan WIRA.
d. Total dana
pembinaan yang akan
diberikan pada pemenang ialah minimal
sebesar 30% dari dana pendaftaran.
e. Juara umum berhak mendapatkan
trophy tetap (sebagai simbolik) dan trophy bergilir dari gubernur.
f.
Trophy
bergilir tidak dapat menjadi trophy tetap meskipun peserta menjadi pemenang
berkali-kali.
VIII. KETENTUAN TEKNIS LOMBA
Ø
Teknis
perlombaan ditentukan oleh panitia sesuai dengan petunjuk teknis dan buku
pedoman kepalangmerahan yang referensinya dapat di lihat di petunjuk teknis WJP
XXI 2012 .
Ø
Info
lebih lanjut mengenai teknis perlombaan dan pelaksanaan dapat melalui contact
person dan blog.
IX.
PROTES
Ø
Pengajuan
protes hanya menyangkut persyaratan dan status peserta.
Ø
Segala
protes yang menyangkut teknis lomba dilakukan pada tiap-tiap pos lomba
masing-masing oleh ketua regu.
X. DISPENSASI LOMBA
Ø
Dispensasi
diajukan secara tertulis oleh official dengan seijin juri dan
panitia.
Ø
Dispensasi
tim hanya dibenarkan dengan komponen tim.
Ø
Panitia
berhak menolak dan menyetujui dispensasi yang diajukan.
Ø
Hal-hal
lain diatur kemudian oleh panitia.
XI.
GANGGUAN
PERLOMBAAN
Ø
Yang
dimaksud gangguan perlombaan adalah halangan diluar kekuasaan panitia yang
memungkinkan perlombaan tidak dapat berlangsung / dilaksanakan / dilanjutkan baik bersifat
sementara dan tetap.
Ø
Apabila
gangguan besifat sementara (hujan, dll) terjadi pada saat perlombaan
berlangsung maka panitia akan menentukan bahwa perlombaan akan dilanjutkan atau
tidak setelah pertimbangan dan menunggu gangguan tersebut selama 30 menit.
Ø
Apabila
gangguan bersifat tetap (bencana alam, dll)
sebelum perlombaan berlangsung maka pelaksanaan perlombaan dibatalkan dan uang
pendaftaran dikembalikan
setelah dipotong 40%
untuk biaya administrasi.
Ø
Bila
gangguan bersifat tetap terjadi pada saat perlombaan berlangsung, maka
pelaksanaan lomba dibatalkan dan uang pendaftaran tidak dikembalikan.
Ø
Apabila peserta mengundurkan diri sebelum
pendaftaran ditutup dan telah membayar biaya pendaftaran maka biaya pendaftaran
akan dikembalikan
sebesar 50%.
Ø
Apabila peserta mengundurkan diri sesudah pendaftaran
ditutup dan telah membayar biaya pendaftaran maka biaya pendaftaran akan dikembalikan
sebesar 25%.
XII.
DISKUALIFIKASI
Ø
Peserta / Pembina / Pelatih yang tidak mentaati atau melanggar ketentuan
lomba.
Ø
Peserta
yang bekerjasama dengan pihak ketiga atau selain anggota regu dalam pelaksanaan
lomba.
ØPeserta yang berkomunikasi dengan
Pembina / Pelatih / official pada saat lomba berlangsung.
Ø
Peserta
yang bertindak merugikan panitia sebelum, selama, dan sesudah perlombaan secara
langsung.
ØPeserta yang membuat kekacauan,
provokasi. Anarkis, membawa senjata api / tajam (kecuali alat yang dibutuhkan
dalam perlombaan), mirasantika, dll.
XIII.
TATA
TERTIB PERLOMBAAN
Ø
Perlombaan
dimulai pada tanggal 12 - 13 Mei 2012.
Ø
15
menit sebelum pelaksanaan lomba, ketua regu diharuskan melapor pada panitia.
Ø
Pemberangkatan
peserta dilakukan dengan cara panggilan sesuai dengan urutan daftar ulang.
Ø
Regu
yang berlomba dilarang keluar dari pos karantina kecuali mendapat ijin dari
panitia.
Ø
Peserta
dilarang membawa perlengkapan yang tidak berkaitan dengan keperluan lomba.
Ø
Pelanggaran-pelanggaran atau kecurangan yang
dilakukan selama perlombaan dikenakan sanksi diskualifikasi.
XIV.
KETENTUAN
UMUM
Ø
Dengan
mendaftar diri, peserta dianggap tunduk dan mengerti aturan.
Ø
Peserta
bertanggung jawab sendiri atas yang di alami selama mengikuti lomba termasuk
semua akibat dengan semua pihak ketiga.
Ø
Panitia
berhak menghentikan regu yang sedang berlomba, apabila regu tersebut membahayakan
atau merugikan baik bagi regu sendiri maupun regu lain.
Ø
Peserta,
oficial, tim, suporter harus menjaga kebersihan dan tidak merusak area lomba
(menunjukan kartu identitas yang disediakan oleh panitia jika memasuki area lomba).
Ø
Peserta
berada di tempat pelaksanaan lomba dan tidak membuat keramaian dan kegaduhan
yang mengganggu peserta lain.
Ø
Pembina
/ pelatih dilarang berada di pos karantina atau area perlombaan yang bersifat
tertutup tanpa seijin
panitia selama perlombaan berlangsung.
Ø
Technical
Meeting Peserta mengenai lomba akan diselenggarakan pada 22 April 2012 pukul 10.00 WIB –
15.00 WIB di Kampus
SMK Negeri 5 Surabaya (STM Pembangunan) dengan perwakilan maksimal 2 orang.
Ø
Untuk
mendapatkan nomor dada akan dilakukan undian pada saat pendaftaran.
Ø
Peserta
diwajibkan mengikuti upacara pembukaan dan penutupan WJP XXI 2012.
XV.
PERATURAN
PENGGANTI ATAU TAMBAHAN
Ø
Panitia
berhak mengganti peraturan ini bila dalam keadaan memaksa atau di anggap perlu.
Ø
Hal-hal
yang tidak atau belum di atur dalam peraturan perlombaan akan ditentukan
kemudian secara khusus oleh panitia.
Ø
Keputusan-keputusan
/ peraturan-peraturan tentang tambahan dan perubahan akan diadakan secara
sirkuler oleh panitia.
XVI.
FASILITAS
PESERTA
Ø
Basecamp (berlokasi di lapangan sepak
bola SMK Negeri 5
Surabaya)
Ø
Sertifikat
& ID
Card
Ø
Fasilitas
toilet
Ø
Penerangan
Ditetapkan
di Surabaya
Tanggal
12 Maret 2012
Panitia
lomba kepalangmerahan
Wahana Jumpa Prestasi XXI 2012
PMR
SMK Negeri 5 Surabaya
|
No
|
Kegiatan
|
Tanggal
|
Waktu
|
Tempat
|
1
|
Pendaftaran dibuka
|
19 Maret 2012
|
08.00 – 16.00 WIB
|
SMK N 5 Sby
|
2
|
Pendaftaran ditutup
|
22 April 2012
|
15.00 WIB
|
SMK N 5 Sby
|
3
|
Blog mengenai info WJP
|
12 Maret 2012
|
-
|
*
|
4
|
Technical Meeting
|
22 April 2012
|
10.00 – 15.00 WIB
|
SMK N 5 Sby
|
5
|
Upacara Pembukaan
|
12 Mei 2012
|
10.00 – 11.00
WIB
|
SMK N 5 Sby
|
6
|
Daftar Ulang
|
12 Mei 2012
|
07.00 – 11.00 WIB
|
SMK N 5 Sby
|
7
|
Perlombaan
|
12 Mei 2012
|
13.00 – 23.00 WIB
|
SMK N 5 Sby
|
13 Mei 2012
|
07.00 – 16.00 WIB
|
SMK N 5 Sby
|
Nb : * dapat dilihat di wjpstemba.blogspot.com
Peserta disarankan untuk selalu mengupdate info
terbaru mengenai WJP di blog tersebut.
mana formulir pendaftarannya??
BalasHapusFormulir pendaftaran telah kami jadikan satu dengan undangan lomba.
Hapusapa belum menerima undangan??
gimana cara daftarnya ?
BalasHapussisa kuota tinggal berapa ?
Persyaratan dan ketentuan pendaftaran ada di dalam juklak (petunjuk pelaksanaan) yang telah kami satukan di dalam undangan.
Hapusuntuk kuota masih banyak,.
gan pendaftarannya gimana ?
BalasHapusbegini, kita telah menyebar undangan lomba, dan di dalam undangan terdapat persyaratan dan ketentuan untuk pendaftaran..
Hapushasil technical meeting nya gimana ?
BalasHapuskemaren kami gak bisa ikut karena kami dari kota yang jauh
hasil TM sudah bisa dilihat di blog.
BalasHapus